DUA TIM DOSEN MP BER-PPM DI KECAMATAN NGABLAK

 Sabtu 6 April 2019, dua tim dosen  MP yang masing-masing diketuai oleh Dr. Wiwik Wijayanti, M.Pd. dan Rahmania Utari, M.Pd melaksanakan pengabdian pada Masyarakat di Kecamatan Ngablak. Dua sasaran yang dibidik adalah perangkat desa dan para guru SD se-Kecamatan Ngablak.

Dengan Judul “Pelatihan Pemanfaatan IT untuk Pengembangan Institusi di Kecamatan Ngablak Kab Magelang”, Tim PPM dengan anggota Dr. Wiwik Wijayanti, M.Pd, Slamet Lestari, M.Pd. dan Tina Rahmawati, M.Pd, kegiatan PPM ini bertujuan meningkatkan kemampuan para perangkat desa dalam mengoperasikan aplikasi komputer dan bertempat di aula kecamatan Ngablak. Diikuti oleh 25 perangkat desa, materi yang disampaikan antara lain MS Word dan pembuatan blog desa. Dalam sambutannya, Camat Kecamatan Ngablak menuturkan bahwa pelatihan ini sangat berguna karena perangkat desa era sekarang dituntut mampu melakukan pelaporan-pelaporan secara digital.

Adapun tim PPM dengan sasaran para guru SD Se-Kecamatan Ngablak, mengambil judul “Pemanfaatan Internet untuk Pengembangan Sekolah”. Berlokasi di aula UPT Disdikbud Kecamatang Ngablak, pelatihan ini diikuti oleh 28 guru. Materi yang disampaikan terdiri atas literasi digital, pemanfaatan internet untuk publikasi sekolah, dan e-learning. Para peserta pelatihan sangat antusias terutama ketika berlatih menyusun rilis berita sekolah.

Selama kegiatan berlangsung, kedua tim didukung oleh mahasiswa, antara lain Arif Waskito, M. Chozin, dan Irvan Afandi. Dengan keterlibatan mahasiswa diharapkan mereka berlatih menyelenggarakan pelatihan sekaligus mendukung profil kompetensi sebagai pengelola diklat.