Bakti Sosial HIMA Administrasi Pendidikan 2017 “Berbagi Kebahagiaan dalam Kepedulian Untuk Mewujudkan Generasi Edukatif dan Mandiri”

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita, semoga kita tetap selalu dalam lindungan-Nya. Alhamdulillah, kegiatan Bakti Sosial (BAKSOS) HIMA Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UNY tahun 2017 yang diadakan di Panti Asuhan  Mustika Tama, Cemplung, Padukan Kidul, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul pada Minggu, 5 Februari 2017 sudah terlaksana dengan baik. Kegiatan ini dapat terlaksana dengan lancar sesuai dengan apa yang diharapkan dan dipersiapkan karena kerjasama yang baik antarpanitia bakti sosial HIMA Administrasi Pendidikan serta bimbingan dari kakak-kakak pengurus HIMA Administrasi Pendidikan 2017.

Kegiatan bakti sosial ini terdiri dari beberapa rangkaian acara, dimulai dari pembukaan pada pukul 08.30 WIB. Pembukaan dihadiri oleh perwakilan Bapak dan Ibu Dosen, Pengurus Panti Asuhan Mustika Tama, Pengurus HIMA Administrasi Pendidikan 2017, Panitia Bakti Sosial, serta Anak-Anak Panti Asuhan. Pemberian sambutan disampaikan oleh ketua panitia yaitu Muhammad Ulyn Nuha, ketua HIMA AP 2017 yaitu Muhammad Adifan, dan pengurus Panti Asuhan Mustika Tama yaitu Bapak Paiman Budi Sarjono. Sambutan terakhir disampaikan oleh Ibu Pandit Isbianti, M.Pd. selaku pendamping mahasiswa sekaligus meresmikan dimulainya kegiatan Bakti Sosial HIMA Administrasi Pendidikan 2017 pada pukul 09.15 WIB.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan sarasehan yang dilaksanakan pada pukul 09.25 WIB, bertempat di aula lantai 2 Panti Yatim Mustika Tama. Acara sarasehan dibawakan oleh Nafrinda Pingky dan Ridwan selaku MC serta Wildan sebagai moderator sarasehan. Pembicara dalam acara sarasehan ini adalah Ibu Tina Rahmawati, M.Pd dengan mengusung tema “Peran Pola Asuh dalam Pembentukan Karakter Anak”. Peserta dalam acara sarasehan ini adalah lima orang pengurus Panti Asuhan Mustika Tama serta panitia baksos dan pengurus HIMA AP 2017. Selagi acara sarasehan berlangsung, kegiatan lomba untuk anak-anak panti asuhan juga dilaksanakan di lantai 1 Panti Asuhan Mustika Tama, sebanyak 26 anak. Lomba yang diadakan terdiri dari lomba mengancing baju, mewarnai, dan menyusun puzzle. Anak-anak bersemangat dan antusias dalam melakukan perlombaan sehingga perlombaan berlangsung lancai dan meriah.

Setelah kedua kegiatan tersebut selesai, dilanjutkan dengan Sholat Dzuhur berjamaah di aula panti lantai dua oleh panitia baksos, pengurus HIMA AP 2017, serta imam sholat dari pengurus Panti Asuhan Mustika Tama. Ketika sholat dzuhur berjamaah berlangsung, beberapa panitia perempuan yang sedang berhalangan menemani adik-adik dari panti asuhan untuk makan siang bersama-sama di aula panti lantai satu. Setelah sholat dzuhur berjamaah selesai dilaksanakan, panitia baksos serta pengurus HIMA AP 2017 berkumpul di aula lantai dua bersama dengan Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan yaitu Ibu Dr. Wiwik Wijayanti, M.Pd untuk makan siang bersama. Ibu Wiwik memberikan sedikit sambutan kepada panitia dan pengurus lalu dilanjutkan dengan makan siang bersama.

Acara selanjutnya adalah TPA yang dimulai pukul 13.15 WIB, dipimpin oleh Selvi dan diikuti oleh 20 anak panti. TPA diawali dengan menonton film tentang doa sehari-hari lalu dilanjutkan dengan latihan membaca huruf hijaiyah. Setiap anak dibimbing oleh satu panitia dengan menggunakan papan tulis dan buku IQRA’, kegiatan TPA selesai pukul 14.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan tidur siang bagi anak-anak panti asuhan, dimana pada jam tersebut telah menjadi agenda rutin yang dilaksanakan oleh pihak Panti Asuhan Mustika Tama.

Ketika anak-anak panti istirahat, panitia mulai membersihkan area aula panti baik lantai satu maupun lantai dua yang sebelumnya digunakan untuk acara. Tikar mulai digulung, sampah sampah dimasukkan dalam trashbag, serta menyapu lantai lalu setelah semua sudah bersih dan rapi panitia mulai beristirahat sejenak sembari menunggu anak-anak panti mandi dan sholat ashar berjamaah di aula panti lantai dua.

Pukul 15.15 WIB anak-anak panti kembali ke aula dengan kondisi sudah mandi sore. Kemudian acara selanjutnya dilanjutkan dengan fun games di halaman depan. Fun games terdiri dari lomba memindah bola dan memasukkan pensil ke dalam botol. Anak-anak mengikuti perlombaan dengan antusias. Beberapa anak panti yang masih balita hanya melihat dan bermain dengan panitia serta berfoto bersama FEO karena belum bisa mengikuti perlombaan. Acara fun games berjalan dengan meriah.

Setelah fun games selesai, dilanjutkan acara penutupan yang dilakukan di halaman depan dan dihadiri oleh Bapak Ibu Pengurus Panti Asuhan Mustika Tama, Ibu Tina Rahmawati, M.Pd, Ibu Pandit Isbianti, M.Pd, pengurus HIMA AP 2017, panitia baksos, serta seluruh anak-anak panti asuhan. Di acara penutupan, Bapak Paiman Budi Sarjono memberikan sedikit sambutan penutup kemudian dilanjutkan Ibu Pandit Isbianti, M.Pd memberikan sambutan sekaligus menutup acara baksos HIMA AP 2017 pukul 17.15 WIB.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat kepada Ibu Tina Rahmawati, M.Pd oleh Saudara Muhammad Ulyn Nuha selaku ketua panitia, penyerahan kenang-kenangan kepada Bapak Paiman Budi Sarjana oleh Ibu Pandit Isbianti, M.Pd dan penyerahan donasi berupa sembako dan alat tulis yang dilakukan secara simbolik untuk Panti Asuhan Mustika Tama oleh Saudara Muhammad Adifan selaku Ketua HIMA Administrasi Pendidikan 2017.

Pada akhir kegiatan, dilakukan foto bersama antara Dosen dengan Pengurus Panti Asuhan Mustika Tama serta foto bersama seluruh panitia baksos HIMA AP 2017, pengurus HIMA AP 2017, dan seluruh anak-anak Panti Asuhan Mustika Tama.(pan-Baksos)

Riset Terkini

  • Test
    Post Date: 03/03/2021 - 16:18

Event

  • Test
    Post date: Wednesday, 3 March, 2021 - 17:17