FIELDTRIP MP KE SMP N 1 SENTOLO; BELAJAR MANAJEMEN SECARA LANGSUNG

Penting bagi mahasiswa untuk mengembangkan kapasitas diri melalui pembelajaran, baik yang bersifat tertulis maupun pengamatan dan observasi secara langsung. Banyak manfaat dan timbal balik positif yang dapat diperoleh ketika pembelajaran dilakukan di lapangan. Terutama sebagai mahasiswa manajemen pendidikan, mempelajari secara langsung proses pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan dengan manajemen yang baik sangatlah diperlukan. Hal ini yang melatarbelakangi terselenggaranya fieldtrip Mahasiswa Manajemen Pendidikan FIP UNY ke SMP 1 Sentolo. Acara yang diikuti oleh 44 mahasiswa Kelas A angkatan 2016 Manajemen Pendidikan ini berlangsung pada tanggal 15 Mei 2018 dengan didampingi oleh dosen pengampu mata kuliah Manajemen Pendidikan, Ibu Rahmania Utari, M. Pd. Kegiatan ini berlangsung dengan lancar dan mahasiswa nampak antusias mengikuti fieldtrip kali ini.

Tujuan fieldtrip kali ini adalah SMP N 1 Sentolo, salah satu sekolah inklusi terbaik di Yogyakarta. Diharapkan filedtrip ini dapat memberikan pemahaman langsung kepada mengenai manajemen sekolah yang baik dari berbagai standar, seperti kesiswaan, tenaga pendidik kependidikan, kepemimpinan, kurikulum, pembiayaan, ketatalaksanaan, kehumasan, dan fasilitas.  

Mahasiswa sangat antusias dan serius dalam mendengarkan pemaparan materi dari Kepala Sekolah SMP N 1 Sentolo, Bapak Kuswoyo, S. Pd., M. Pd. mengenai profil sekolah dan bagaimana sistem serta  teknis sekolah dalam menyelenggarakan pembelajaran. Sesi tanya jawab berjalan dengan sangat interaktif dan pertanyaan mahasiswa pun bervariasi. Mahasiswa banyak mempelajari bagaimana mengatasi kendala dan permasalahan yang terjadi dalam penyelenggaraan sekolah inklusi. Diharapkan dengan terselenggaranya fieldtrip ini, mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan dan gamnbaran secara langsung mengenai dunia manajemen pendidikan yang kelak akan dihadapi, dan bagaimana kiat-kiat menyiapkan solusi yang efisien, efektif, dan inovatif. (Fauza Noor)

Riset Terkini

  • Test
    Post Date: 03/03/2021 - 16:18

Event

  • Test
    Post date: Wednesday, 3 March, 2021 - 17:17