Kajian Ilmiah Manajemen Pendidikan

Tuntutlah ilmu sampai ke Negeri Cina. Begitupun dengan mahasiswa, mahasiswa sebagai tombak dan agen perubahan dituntut untuk senantiasa menuntut ilmu dimanapun dan kapanpun. Berkiblat pada hal tersebut, Hima Administrasi Pendidikan menyelenggarakan agenda Kajian Ilmiah Pendidikan dengan mengusung tema  "Peran Manajemen  Pendidikan dalam Pengelolaan SDG's (Sustainable Development Goals)"

Agenda yang berlangsung pada  tanggal 21 Oktober 2016 dan bertempat di Ruang Abdullah sigit Fakultas Ilmu Pendidikan ini sekaligus sebagai agenda pembuka rangkaian Gebyar Administrasi Pendidikan yang ke-51. Yakni, agenda peringatan HUT Jurusan Administrasi Pendidikan. Melalui tema yang diangkat,  diharapkan mahasiswa AP mampu memahami kapasitas dan perannya dalam program yang telah dicanangkan dan disepakati oleh Perserikatan Bangsa Bangsa beberapa waktu yang lalu tersebut.

Sebagai upaya pendalaman materi mengenai SDG dalam dunia pendidikan, dihadirkan dua pembicara hebat dari kalangan yang berbeda. Pembicara  pertama adalah Dr. Cepi Safruddin Abdul Jabar, M.Pd selaku Wakil Dekan II Fakultas Ilmu pendidikan yang berbicara mengenai peran manajemen pendidikan dalam SDG's. Serta pembicara dari kalangan praktisi pendidikan Admila Rosada M.P.Si selaku kepala sekolah SD tumbuh Yogyakarta yang dalam hal ini berbagi pengalaman mengenai pengelolaan pendidikan yang berkualitas di SD Tumbuh.

Agenda kajian ilmiah dimulai dengan sambutan ketua panitia dan Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan, yang kemudian langsung dilanjukan  dengan materi utama dan sesi tanya jawab. Nampak antusias peserta yang tinggi dalam mengikuti program ini. hal ini ditunjukkan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada pemateri.  Di tengah-tengah penyampaian materi diselingi dengan penyampaian informasi yang berkaitan dengan PKM oleh Bapak Nurtanio Agus M.Pd. sebagai upaya peningkatan minat dan pemahaman mahasiswa Manajemen Pendidikan mengenai even besar tahunan tersebut. 

Kajian ilmiah ditutup dengan peresmian dan pembukaan serangkaian agenda Gebyar AP ke-51 oleh Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan yang sebelumnya diisi dengan sosialisasi serangkaian agenda Gebyar oleh panitia. Tepat pada pukul 11.00 acara selesai dan dilanjutkan dengan ishoma. 

Pada dasarnya agenda kajian ilmiah merupakan salah satu agenda yang bermanfaat.  "Acaranya cukup bagus, disini saya belajar banyak tentang peran manajemen pendidikan kedepannya" ulas Oktaveni Ekasari selaku salah satu peserta Kajian Ilmiah yang kami temui usai agenda tersebut. Ulfa selaku ketua panitia pun menuturkan bahwasannya Kajian ilmiah merupakan agenda yang sangat bermanfaat,  dan Ia berharap kedepannya dapat diselenggarakan kajian ilmiah-kajian ilmiah lain dalam ranah bahasan yang lebih luas lagi.(mnchozin)

Riset Terkini

  • Test
    Post Date: 03/03/2021 - 16:18

Event

  • Test
    Post date: Wednesday, 3 March, 2021 - 17:17