PEMBERIAN PENGHARGAAN PEMENANG LOMBA PENGAWAS DAN KEPALA SEKOLAH INOVATIF se-DIY

Dalam rangka memeriahkan Dies Natalis UNY ke-51, Fakultas Ilmu Pendidikan melalui Jurusan Administrasi Pendidikan mengadakan lomba pengawas dan kepala sekolah inovatif tingkat DIY. Kegiatan lomba dilaksanakan mulai tanggal 16 April 2015 sampai dengan 15 Mei 2015. Tahapan kegiatan lomba dimulai dengan pengajuan peserta lomba dari masing-masing dinas pendidikan kabupaten kota se-DIY. Masing-masing dinas Pendidikan kabupaten, kota mengirimkan 3 wakil Kepala Sekolah dan 3 Pengawas pilihan dari masing-masing dinas pendidikan kabupeten kota. Tahapan selanjutnya peserta wajib mengirimkan best practices yang terdiri dari data diri, laporan tahunan yang dilaksanakan oleh kepala sekolah dan pengawas, serta karya ilmiah yang mengulas best practices di masing-masing instansi. Pada tahapan ini, dewan juri mulai menilai best practices yang dikirimkan peserta. Tahapan berikutnya adalah peserta lomba diundang untuk mempresentasikan dan mempertanggungjawabkan apa yang telah ditulis. Setelah dilakukan penilaian baik data yang dikumpulkan maupun presentasi, kemudian ditetapkan vinalis dari masing-masing kategori. Tahapan terakhir dari lomba ini adalah para vinalis yang telah ditetapkan tersebut kemudian dilakukan validasi lapangan. Dari hasil validasi lapangan, diolah untuk menetapkan 3 kejuaraan, yaitu juara 1, 2, dan 3 kepala sekolah inovatif, serta juara 1,2, dan 3 pengawas inovatif.

Adapun pemenang lomba kategori kepala sekolah inovatif adalah sebagai berikut: juara I, di raih oleh Kasminingsih dari SD Ngrukeman Bantul, Juara II diraih oleh Lilik Mardiningsih, M.Pd. dari SMP Negeri 3 Tempel Sleman, dan Juara III diraih oleh Basuki Jaka Purnama, M.Pd. dari SMA Negeri 1 Ngemplak. Sedangkan pemenang pada kategori Pengawas inovatif adalah sebagai berikut: Juara I diraih oleh Drs. Sutarta, MM dari dinas pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman, Juara II diraih oleh Dra. Damarasih, M.Pd. dari Dinas pendidikan Kulon Progo, dan Juara III diraih oleh Drs. Sudarmadi, M.Pd. Si. Dari Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo.

Acara penerimaan hadiah berupa uang pembinaan dan piagam penghargaan dilaksanakan pada tanggal 19 mei 2015 bersamaan dengan pemberian penghargaan bagi purnakarya Universitas Negeri Yogyakarta dan pemberian penghargaan bagi pemenang penulis buku ajar SLB se-DIY. Hadiah diserahkan langsung oleh Rektor UNY yang didampingi oleh semua Wakil Rektor. Pada hari itu pemenang lomba pengawas inovatif diminta untuk memberikan sambutan perwakilan pemenang lomba. Dalam sambutannya, Drs. Sutarta, MM sebagai pemenang lomba pengawas inovatif menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak UNY yang telah menyelenggarakan lomba tersebut. Lebih lanjut, Sutarta juga mengharap, bahwa dengan adanya lomba penulisan buku ajar bagi guru SLB, pengawas inovatif,  kepala sekolah inovatif ini dapat memicu dan memacu bagi tenaga pendidikan untuk tidak berhenti berkarya. Rektor UNY Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A., dalam sambutannya pada kesempatan menyampaikan kepada pemenang Lomba agar tidak menilai hadiah dari nominalnya tetapi nilai instrinsiknya. Selain itu beliau juga menyampaikan selamat kepada pemenang bahwa telah menjadi yang terbaik diantara yang lainnya dan mohon dapat terus dijaga dan ditingkatkan syukur-syukur dapat menjadi katalisator bagi Pengawas Sekolah lainnya, Kepala Sekolah lainnya dan dari Guru-guru lainnya yang produktif menulis dan tidak hanya dari percetakan saja. Beliau yakin pemenang lomba dapat menjadi model dan terus ditularkan ilmunya kepada yang lainnya. (hn&yyn)

Riset Terkini

  • Test
    Post Date: 03/03/2021 - 16:18

Event

  • Test
    Post date: Wednesday, 3 March, 2021 - 17:17