PKL MANAJEMEN KEARSIPAN MAHASISWA JURUSAN AP DI BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH (BPAD) DIY

Senin (9/3) Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Propinsi DIY menerima kunjungan dari mahasiswa Jurusan AP FIP UNY yang bertujuan untuk melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) Manajemen Kearsipan. Mahasiswa diserahkan secara simbolik oleh dosen pengampu mata kuliah PKL Manajemen Kearsipan, Pandit Isbianti, S.Pd. dan diterima oleh Dra. Endah Pratiwi sebagai sekretaris BPAD. Dalam sambutannya, Dra. Endah Pratiwi menyampaikan introduksi terkait dengan teknis pelaksanaan PKL serta menjelaskan berbagai ruang lingkup dalam dunia kearsipan.

Usai diterima oleh sekretaris BPAD, mahasiswa diterjunkan langsung untuk melaksanakan PKL Kearsipan di kantor arsip dinamis dan statis dan diterima oleh Dra. Anna Nunuk Nuryani. Beliau menyampaikan bahwa belum banyak orang memahami tentang pengelolaan arsip sebagaimana mestinya. Bahkan, pengelolaan arsip belum dirasa penting. Faktanya, keberadaan arsip memiliki kandungan informasi dan nilai guna secara institusional, tambahnya.

Pandit Isbianti, S.Pd. selaku dosen pengampu mata kuliah PKL Manajemen Kearsipan mengungkapkan bahwa mata kuliah PKL Manajemen Kearsipan adalah salah satu mata kuliah wajib tempuh bagi mahasiswa semester VI Jurusan Administrasi Pendidikan. Mata kuliah ini memberikan bekal pengetahuan dan aplikasi kepada mahasiswa dalam hal praktik kearsipan yang meliputi pencatatan, pendistribusian, penemuan, penyimpanan, pemeliharaan, penilaian, penyusutan serta pemusnahan arsip.

Penempatan mahasiswa PKL Kearsipan di BPAD DIY memiliki tujuan menjalin kerjasama antar instansi, yakni Jurusan AP FIP UNY dengan BPAD DIY. Selain tujuan utama tersebut, harapannya mahasiswa juga memperoleh pengetahuan dan keterampilan tentang manajemen kearsipan, ungkap Pandit Isbianti, S.Pd. (han)

Riset Terkini

  • Test
    Post Date: 03/03/2021 - 16:18

Event

  • Test
    Post date: Wednesday, 3 March, 2021 - 17:17