Prodi MP melalui Akreditasi ASIC

Prodi MP bersama 10 Prodi lainnya di UNY melalui proses Accreditation Service for International College/University atau yang lebih dikenal dengan ASIC pada Senin, 10 Juni 2019. Akreditasi international ini adalah bagian upaya prodi dan universitas untuk meningkatkan taraf layanan dan kepuasan sehingga Prodi MP dan UNY sejajar dengan perguruan tinggi lainnya di kancah internasional. Dua inspektur ASIC yang melakukan kunjungan dan wawancara dosen, staf dan mahasiswa serta pengguna & alumni terdiri atas Lee Hammond dan Geoff Boston.

Kunjungan yang berlangsung mulai dari pagi hingga sore ini diawali dengan cheking terhadap dokumen-dokumen Prodi MP sesuai dengan ketentuan ASIC. Proses akreditasi lalu beranjak pada sesi wawancara dosen dan staf serta mahasiswa. Sekitar 20 mahasiswa perwakilan mengikuti wawancara bersama Lee Hammond dalam suasana yang hangat. Secara bersamaan namun dalam ruang terpisah, dosen dan staf diwawancara oleh Geoff Boston. Pertanyaan kepada kedua kelompok tersebut mencakup kenyamanan dan keselamatan lingkungan di sekitar, keterlibatan mahasiswa dalam evaluasi pembelajaran, kesempatan dosen mengembangkan diri, dan lain sebagainya. Proses akreditasi diakhiri dengan sesi wawancara alumni dan pengguna yang dalam hal ini diwakili oleh lima orang. Wawancara ini difokuskan untuk menggali pandangan pengguna dan alumni tentang alumni Prodi MP, baik kekuatan maupun aspek-aspek yang masih perlu ditingkatkan.

Dari tahapan-tahap akreditasi ASIC, warga prodi MP belajar banyak hal terutama tentang standar pelayanan perguruan tinggi negara maju. Terlebih lagi bagi mahasiswa, proses akreditasi ini memberikan pengalaman praktis yang sangat berharga khususnya pada bidang manajemen perguruan tinggi. ASIC juga menjadi referensi bagi dosen Prodi MP untuk meningkatkan mutu layanannya. Hasil penilaian ASIC terhadap prodi MP akan segera dipublish pada website ASIC.

Riset Terkini

  • Test
    Post Date: 03/03/2021 - 16:18

Event

  • Test
    Post date: Wednesday, 3 March, 2021 - 17:17