Capaian Pembelajaran

Learning outcomes atau capaian pembelajaran Program Studi S1 Manajemen Pendidikan merupakan kompetensi yang harus dimiliki oleh lulusan sehingga mampu menjadi pengelola pendidikan yang bertakwa, profesional, berbudaya Indonesia, dan berdaya saing global sebagaimana dirumuskan di dalam profil program studi. Capaian pembelajaran program studi tersebut dikembangkan dan disusun berdasarkan masukan dari alumni, asosiasi profesi, dan standar KKNI Level 6. Capaian pembelajaran ini terdiri dari dua yaitu capaian pembelajaran/ kompetensi utama dan capaian pembelajaran/ kompetensi tambahan.

1. Capaian pembelajaran utama
Capaian pembelajaran utama merupakan kompetensi inti manajemen pendidikan yaitu kemampuan mengelola lembaga pendidikan. Berikut capaian pembelajaran utama pada dimensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan khusus dan ketrampilan umum.

SIKAP

Sarjana Lulusan Manajemen Pendidikan memiliki Sikap:

a.  Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius, jujur dan sabar;

b.  Menjunjung  tinggi  nilai  kemanusiaan  dalam  menjalankan  tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

c.  Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

d.  Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

e.  Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

f.  Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa,  bernegara,  dan  kemajuan  peradaban  berdasarkan pancasila;

g.  Bekerja  sama  dan  memiliki  kepekaan  sosial  serta  kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

h.  Taat  hukum  dan  disiplin  dalam  kehidupan  bermasyarakat  dan bernegara;

i.   Menginternalisasi   semangat   kemandirian,   kejuangan,   dan  kewirausahaan;

j.   Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

k.  Menumbuhkembangkan karakter kemandirian yang didukung oleh sikap kritis terhadap perkembangan ilmu, teknologi dan informasi.

 

SARJANA MANAJEMEN PENDIDIKAN

PENGUASAAN PENGETAHUAN

Sarjana Lulusan Manajemen Pendidikan

  1. Menguasai konsep manajemen pendidikan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pada bidang organisasi, personalia, keuangan, fasilitas, humas, kurikulum, peserta didik, serta ketatalaksanaan dan manajemen sistem informasi pendidikan
  2. Menguasai konsep pertanggungjawaban pengelolaan dan pencapaian kinerja lembaga pendidikan
  3. Menguasai konsep pengambilan keputusan dan perumusan kebijakan pendidikan
  4. Menguasai konsep supervisi pendidikan
  5. Menguasai konsep kepemimpinan pendidikan.

KETERAMPILAN KHUSUS

Secara khusus memiliki keterampilan:

  1. Mengelola lembaga, personalia, keuangan, fasilitas, humas, kurikulum, peserta didik, dan ketatausahaan pendidikan
  2. Merumuskan kebijakan pendidikandan mengambil keputusan
  3. Melaksanakan supervisi pendidikan
  4. Memimpin organisasi pendidikan
  5. Mempertanggungjawabkan pengelolaan dan pencapaian kinerja lembaga pendidikan.

KETERAMPILAN UMUM

Secara umum Lulusan akan mampu :

  1. Menerapkan gagasan inovatif-kreatif  dalam praktik manajemen pendidikan berbasis pengetahuan yang berlandaskan ketakwaan, kemandirian, kecendekiaan dan kebangsaan.
  2. Mampu mengambil keputusan yang berbasis riset manajemen pendidikan menuju masyarakat maju mandiri berbasis pengetahuan yang berlandaskan ketakwaan, kemandirian, kecendekiaan dan kebangsaan.
  3. Bertanggung jawab dalam bidang  manajemen pendidikan menuju masyarakat maju mandiri  berbasis pengetahuan yang berlandaskan ketakwaan, kemandirian, kecendekiaan dan kebangsaan.
  4. Memanfaatkan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni dalam pengelolaan manajemen pendidikan berbasis pengetahuan yang berlandaskan ketakwaan, kemandirian, kecendekiaan dan kebangsaan.

 

2. Capaian pembelajaran tambahan 
Capaian pembelajaran tambahan merupakan kompetensi tambahan yang relevan  dan berfungsi menguatkan capaian pembelajaran kompetensi utama. Capaian pembelajaran ini terdiri dari kompetensi di bidang kewirausahaan, perkantoran, bahasa asing, teknologi informasi, manajemen pemasaran, dan manajemen pendidikan masyarakat.  

a. Kompetensi Kewirausahaan
Mahasiswa mampu memiliki pemahaman dan keterampilan bidang kewirausahaan Kompetensi ini meliputi pengembangan jiwa wirausaha, perencanaan, analisis, implementasi dan evaluasi usaha. 

b. Kompetensi Perkantoran
Mahasiswa memiliki kemampuan dalam pengelolaan perkantoran untuk kepentingan pendidikan. Kompetensi ini meliputi pengetahuan bidang kesekretriatan, teknologi kantor, pelayanan prima, ergonomi, dan manajemen event.

c. Kompetensi Bahasa Asing
Mahasiswa memiliki kemampuan bahasa asing dalam konteks umum (general communication), professional dan akademik (academic purposes). Kompetensi ini meliputi kemampuan speaking, listening, writing dan reading pada bahasa Inggris, Jerman dan Prancis.  

d. Kompetensi Teknologi Informasi
Mahasiswa mampu mengoperasikan dan mengoptimalkan penggunaan perangkat teknologi informasi untuk kepentingan pendidikan. Kompetensi ini meliputi perangkat lunak, perangkat keras, media penyimpanan, komunikasi dan jaringan komputer, sistem informasi dan keamanan perangkat. 

e. Kompetensi Manajemen Pemasaran
Mahasiswa mampu menguasai keterampilan manajemen pemasaran. Kompetensi ini meliputi perencanaan, pengelolaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi proses dan kegiatan pemasaran barang ataupun jasa dalam organisasi. 

f. Kompetensi Manajemen Pendidikan Masyarakat 
Mahasiswa mampu mengelola program pendidikan masyarakat di lembaga pendidikan non formal yang meliputi kemampuan merencanakan dan mengembangkan program pendidikan masyarakat, mengimplementasikan dan mengevaluasinya. 

Capaian pembelajaran tambahan ini dicapai melalui proses pembelajaran di luar Program Studi S1 Manajemen Pendidikan di dalam UNY atau di Program Studi S1 Administrasi/Manajemen Pendidikan atau Program Studi yang lain di luar UNY atau di suatu istitusi atau masyarakat.

Riset Terkini

  • Test
    Post Date: 03/03/2021 - 16:18

Event

  • Test
    Post date: Wednesday, 3 March, 2021 - 17:17